Pantangan Makanan Penyakit Jantung Koroner

Pantangan Jantung KoronerTidak hanya dengan memperhatikan pola hidup, penderita jantung juga harus menjaga pola makan karena dapat membahayakan kesehatan. Apa saja makanan yang dilarang untuk penderita jantung koroner?untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Tidak hanya dengan menerapkan pola hidup yang sehat, penderita jantung juga dianjurkan untuk menjaga pola makan untuk menghindari adanya masalah komplikasi dari jantung koroner.  Jika anda atau anggota keluarga mengalami salah satu penyakit jantung tersebut maka harus menghindari beberapa pantangan makanan yang harus dihindari. Pantangan penyakit jantung ini harus dihindari dengan disiplin untuk mengurangi risiko bahaya penyakit jantung bisa menjadi lebih parah.

Pantangan Makanan Jantung Koroner

Pantangan Makanan Penyakit Jantung Koroner

Untuk tidak memberatkan kerja dan mengurangi kerja jantung, penderita jantung biasanya harus menghindari mengkonsumsi makanan yang berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari :

  1. Makanan karbohidrat olahan.
    Penderita jantung sebaiknya harus menghindari makanan karbohidrat olahan karena karbohidrat olahan mengandung lemak trans, gula,  juga sodium atau garam sehingga otomatis menjadi tidak sehat lagi. Kandungan gula tinggi  yang terdapat pada karbohidrat olahan dapat menyebabkan penumpukan lemak pada hati dan membuat konsentrasi kolesterol LDL lebih tinggi. Hal tersebut akan membuat penyumbatan dan penyempitan arteri pada organ jantung. Makanan karbohidrat olahan seperti permen, biskuit, mie instan, dan sereal instan.
  2. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
    Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung koleterol tinggi, tidak hanya akan memicu pada penyakit jantung tapi juga dapat berakibat pada stroke. Contoh dari makanan yang mengandung kolesterol tinggi yaitu daging bebek, daging kambing, kulit ayam, hati sapi, dll.
  3. Makanan Bertrigliserin.
    Makanan yang mengandung bertrigeliserin tinggi memang bukan penyebab penyakit jantung, namun dapat berpengaruh pada penyakit kolesterol yang dapat berakibat pada penyumbatan arteri jantung. Contoh makanan ini yaitu buah durian, dan juga tape.
  4. Makanan Cepat saji.
    Pada zaman sekarang banyak orang yang lebih menyukai makanan cepat saji tapi hal itu merupakan tidak sehat karena mengandung kadar sodium, gula, dan lemak trans yang sangat tinggi. Contoh makanan cepat saji yaitu gorengan, pizza, hamburger, dan makanan kalengan.

Untuk memperbaiki kesehatan jantung sebaiknya anda harus memperbanyak mengkonsumsi makanan seperti buah, sayur, dan ikan. Demikian informasi tentang pantangan makanan penderita jantung semoga bermanfaat dan terimaksih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *