Cara Mencegah Serangan Jantung Mendadak

Cara Mencegah Serangan Jantung – Serangan jantung merupakan  kondisi darurat media di mana terjadi penghentian aliran darah. Untuk menghindari terjadinya serangan jantung yang akan berbahaya sebaiknya cegah dari sekarang. Bagaimana saja cara untuk mencegahnya?supaya lebih jelas, mari kita simak informasi dibawah ini.

Berdasarkan data WHO 17,7 juta nyawa setiap tahun meninggal akibat adanya penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan stroke. Kondisi serangan jantung dapat diakibatkan karena tekanan dan emosi yang terlalu berat yang membuat penderita harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Cara Mencegah Serangan Jantung

Cara Mencegah Serangan Jantung Mendadak

Untuk mencegah serangan jantung secara mendadak sebaiknya terapkan pola hidup sehat supaya untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan serangan jantung yang mendadak. Semakin cepat anda mencegah, maka semakin sedikit juga resiko yang akan ditimbulkan akibat kerusakan jantung. Untuk mencegah terjadinya serangan jantung anda bisa melakukan dan memperhatikan hal-hal dibawah ini :

  1. Rutin berolahraga.
    Dengan melakukan olahraga secara rutin dapat membantu anda untuk meningkatkan kebugaran jantung dan menurunkan kolesterol darah tinggi sehingga tubuh tetap sehat. Saat anda sedang kerja usahakan istirahat pendek untuk bangkit, gerakkan kaki dan tangan anda, lakukan pemanasan ringan untuk memompa jantung anda. 
  2. Rutin untuk cek tensi darah.
    Semakin tinggi nilai tensi darah, makan semakin berisiko hipertensi di kemudian hari. Hipertensi itu sendiri membuat anda lebih berisiko terkena serangan jantung dan stroke.
  3. Perbanyak minum air putih.
    Jika anda penderita jantung, sebaiknya konsultasikan kepada dokter supaya anda bisa membatasi jumlah cairan agar menghindari terjadinya peningkatan berat badan yang akn berpengaruh pada penumpukan cairan didalam tubuh anda.
  4. Membatasi asupan kolesterol.
    Jika kadar kolesterol LDL  sudah lebih dari 200 mg/dL, sebaiknya anda harus berhati-hati. Kadar kolesterol jahat LDL yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah jantung. Batasi makanan yang dapat menyebabkan peningkatan kolesterol seperti garam, lemak, dan gula yang akan anda makan.
  5. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur.
    Makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu anda dalam menurunkan kolesterol dan membantu mengelola berat badan yang sehat. Anda bisa mendapatkan asupan serat dari sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan.
  6. Berhenti merokok dan lebih bisa mengelola stres.
    Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh carah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Jika anda mengalami stres sebaiknya anda harus bisa mengelola emosi karena stres yang berlebih bisa berujung pada serangan jantung.

Itulah beberapa hal yang anda harus perhatikan agar penyakit jantung anda tidak mengalami serangan jantung yang mendadak semoga informasi tersebut bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Artikel Terkait : Cara Mencegah Serangan Jantung Mendadak.

One thought to “Cara Mencegah Serangan Jantung Mendadak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *