Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Makanan PedasAnda salah satu orang pencita makanan pedas?tidak bisa makan tanpa tambahan cabai atau sambal?bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan pedas anda harus manfaat dan bahaya makanan pedas untuk kesehatan dibawah ini.

Makanan pedas adalah makanan favorit diberbagai negara, khususnya indonesia banyak kuliner yang menawarkan sajian makanan pedas yang membuat orang menjadi tertarik. Cabai atau sambal adalah contoh makanan pedas yang sering dikonsumsi dengan tambahan makanan lain. Namun, dibalik makanan pedas yang enak dan membuat orang ketagihan ada manfaat dan bahaya pada kesehatan apa saja itu?

Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas

Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan

Beberapa makanan yang ditambahkan dengan cabai atau sambal akan membuat enak, ketika kamu mengkonsumsi makanan pedas maka akan membantu untuk mengobati radang dan melancarkan sirkulasi darah. Tidak hanya enak mengkonsumsi makanan pedas juga dapat memberikan manfaat yaitu :

  1. Dapat membantu untuk menurunkan berat badan.
    Ketika anda mengkonsumsi makanan pedas maka anda akan merasakan sensasi pedas yang ditimbulkan dari capsaicin. Selain dapat membantu anda untuk mengatur tubuh dan mempercepat kerja metabolisme sehingga kalori akan terbakar lebih cepat.
  2. Dapat mencegah kanker dan tumor.
    Kandungan Capsaicin dapat membantu untuk mengaktifkan reseptor sel dalam lapisan dalam usus untuk menciptakan reaksi yang bisa menurunkan risiko pertumbuhan tumor dengan mematikan reseptor yang over-reaktif dan mebantu untuk membunuh kanker prostat. Selain itu capsaicin juga dapat membantu anda dalam pengobatan kandung kemih, kanker payudara dan pankreas.

    Baca Juga : Ciri Ciri Kanker Payudara Yang Mudah Dikenali

  3. Untuk kesehatan jantung supaya lebih baik.
    Dengan mengkonsumsi makanan pedas dapat membantu anda untuk mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke. Vitamin a dan c yang terdapat pada cabai dapat membantu untuk memperkuat otot jantung dan penurunan tekanan darah akibat pengaruh oksida nitrat dalam capsaicin terhadap pelebaran pembuluh darah.

    Baca Juga : Bahaya Penyakit Jantung Koroner.

  4. Untuk meringankan penyakit sinusitis.
    Capsaicin yang terkandung dalam cabai mirip dengan senyawa yang ditemukan dalam banyak ramuan obat dekongestan, sehingga semakin pedas sambal maka hidung akan semakin berair. Kandungan capsaicin juga dapat membantu untuk melindungi dan mencegah masuknya bakteri yang masuk melalui hidung.

Selain banyak manfaat yang bisa anda rasakan untuk kesehatan, anda juga harus memperhatikan bahaya dari mengkonsumsi makanan pedas. Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas maka ada juga dampak buruknya yaitu :

  1. Akan membuat asam lambung menjadi naik.
    Jika anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan pedas maka maka akan menimbulkan masalah kesehatan terutama lambung. Jika anda memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya kurangi makanan pedas karena dapat mengiritasi dan merusak lambung.
  2. Memicu penyakit maag.
    Mengkonsumsi makanan pedas dapat membuat lambung teriritasi dan mengalami peradangan dan akhirnya menimbulkan penyakit maag. Tidak hanya sakit perut, akibat dari konsumsi makan pedas juga akan membuat anda diare.
  3. Dapat menyebabkan iritasi usus.
    Akibat dari usus yang sensitif, maka konsumsi makanan pedas akan menimbulkan sensasi panas yang dapat memicu terjadinya iritasi pada usus.

Jika anda ingin mengkonsumsi makanan pedas sebaiknya tidak boleh mengkonsumsi secara berlebih selain dapat bermanfaat anda juga harus mengetahui dan memperhatikan bahayanya. Demikian informasi tentang manfaat dan bahaya makanan pedas semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *